Senin, 01 Juni 2009

ICT Untuk Pembelajaran Di Dalam Kelas

Dalam menjelaskan sebuah materi ajar agar dapat dengan mudah dipahami siswa, seorang guru perlu membuat berbagai macam model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa didiknya. Hal ini kadang atau justru malah seringkali diabaikan tanpa memperhatikan Class Mapping Learning Style siswa.
Seperti diketahui ada tiga macam gaya belajar siswa yaitu :
1. Gaya belajar Auditori
2. Gaya belajar Visual
3. Gaya belajar Kinestatik
Sebenarnya kesulitan dalam memberikan pemahaman maksimal kepada siswa didik yang tentunya dapat memfasilitasi ketiga gaya belajar siswa, ada banyak metode yang dapat kita, salah satunya adalah dengan menggunakan penggabungan ICT .

Perhatikan video berikut:



Dari video di atas, siswa kita tentunya dapat dengan mudah memahami bagaimana menentukan /menghitung keliling serta luas sebuah lingkaran. Dan untuk selanjutnya guru bisa saja untuk dapat mengetahui lebih jauh tingkat pemahaman siswa dalam hal konsep maka dapat diberikan penugasan berupa membuat deskripsi tentang keliling dan luas lingkaran dalam bentuk powerpoint atau sejenisnya yang pada akhirnya dipaparkan ulang di depan kelas sehingga pada akhir pertemuan guru memberikan kesimpulan dari materi yang dibahas setrta memberikan tugas-tugas berupa latihan soal.

Di sini dapat ditarik kesimpulan bahwa ICT dalam hal mendukung pembelajaran telah mencakup adanya interaksi antara siswa dengan IT, guru dengan IT, guru dengan siswa serta adanya media pembelajaran yang lebih inovatif (tidak membosankan)


Tidak ada komentar: